Peristilahan dalam bidang Kesehatan

Beberapa peristilahan dan pengertiannya dalam bidang Kesehatan:

KESEHATAN :

Adalah keadaan sejahtera badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

UPAYA KESEHATAN :

Adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan , yang dilakukan oleh pemerintah dan atau masyarakat.

TENAGA KESEHATAN :

Adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan atau keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.

SARANA KESEHATAN :

Adalah tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya kesehatan.

PENGOBATAN TRADISIONAL :

Adalah pengobatan dan atau perawatan dengan cara, obat, dan pengobatannya mengacu kepada pengalaman dan keterampilan turun temurun , dan diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku dalam masyarakat.

SEDIAAN FARMASI :

Adalah obat, bahan obat, obat tradisional, dan kosmetika.

OBAT TRADISIONAL :

Adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan , berdasarkan pengalaman.

ALAT KESEHATAN ( alkes ) :

Adalah instrumen, aparatus, mesin, implan yg tidak mengandung obat yg digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, menyembuhkan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit serta memulihkan kesehatan pada manusia dan atau untuk membentuk struktur dan memperbaiki tubuh.

ZAT AKTIF:

Adalah bahan yg penggunannya dapat menimbulkan ketergantungan psikis.

PEKERJAAN KEFARMASIAN :

Adalah pembuatan termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan pengadaan, penyimpanan, dan distribusi obat, pengelolaan obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat, serta pengembangan obat, bahan obat, dan obat tradisional.

PERBEKALAN KESEHATAN :

Adalah semua bahan dan peralatan yang diperlukan untuk menyelenggarakan upaya kesehatan.

JAMINAN PEMELIHARAAN KESEHATAN MASYARAKAT :

Adalah suatu cara penyelenggaraan pemeliharaan kesehatan yang paripurna berdasarkan asas usaha bersama dan kekeluargaan, yang berkesinambungan dan dengan mutuĀ  yang terjamin serta pembiayaan yg dilaksanakan secara praupaya.

UPAYA KESEHATAN :

Untuk mewujudkan derajat kesehatan yg optimal bagi masyarakat, diselenggarakan upaya kesehatan dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif) , dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif) , yg diselenggarakan secara menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan.

SUMBER DAYA KESEHATAN :

Sumber Daya Kesehatan merupakan semua perangkat keras dan perangkat lunak yg diperlukan sebagai pendukung penyelenggaraan upaya kesehatan , MELIPUTI :

(a) tenaga kesehatan

(b) sarana kesehatan

(c) perbekalan kesehatan

(d) pembiayaan kesehatan

(e) pengelolaan kesehatan

(f) penelitian dan pengembangan kesehatan

TENAGA KESEHATAN :

Tenaga Kesehatan bertugas menyelenggarakan atau melakukan kegiatan kesehatan sesuai dengan bidang keahlian dan atau kewenangan tenaga kesehatan yg bersangkutan.

Ketentuan mengenai kategori, jenis, dan kualifikasi tenaga kesehatan ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah.

SARANA KESEHATAN :

Sarana Kesehatan meliputi ; balai pengobatan, pusat kesehatan masyarakat, rumah sakit umum, rumah sakit khusus, praktik dokter, praktik dokter gigi, praktik dokter spesialis, praktik dokter gigi spesialis, praktik bidan, toko obat, apotek, pedagang besar farmasi, pabrik obat dan bahan obat, laboratorium, sekolah dan akademi kesehatan, balai pelatihan kesehatan, dan sarana kesehatan lainnya.

FUNSGI SARANA KESEHATAN :

Sarana Kesehatan berfungsi untuk melakukan upaya kesehatan dasar, upaya kesehatan rujukan, dan atau upaya kesehatan penunjang.

Sarana Kesehatan dalam penyelenggaraan upaya kesehatan tersebut di atas, tetap MEMPERHATIKAN fungsi sosial

Sarana Kesehatan DAPAT JUGA dipergunakan untuk kepentingan pendidikan dan pelatihan serta penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang KESEHATAN.

Sarana Kesehatan tertentu yang diselenggarakan masyarakat harus berbentuk BADAN HUKUM.

Sarana Kesehatan tertentu tersebut, ditetapkan oleh Pemerintah.

PERBEKALAN KESEHATAN :

Perbekalan Kesehatan yang diperlukan dalam penyelenggaraan upaya kesehatan meliputi ; SEDIAAN FARMASI, ALAT KESEHATAN, dan PERBEKALAN LAINNYA.

KETENTUAN PERBEKALAN KESEHATAN :

Ketentuan tentang Perbekalan Kesehatan ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah.

PEMBIAYAAN KESEHATAN :

Penyelenggaraan upaya kesehatan dibiayai oleh pemerintah dan atau masyarakat.

Pemerintah membantu upaya kesehatan yg diselenggarakan oleh masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, terutama upaya kesehatan bagi masyarakat rentan.

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan (Health Care). Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s