Upah Buruh Tak Layak

Bogor, 04 Nov 2010

Jurnal Bogor

Puluhan massa dari Serikat Pekerja Nasional (SPN) memenuhi halaman Balaikota Bogor, Rabu (03/11) kemarin. Mereka menuntut Upah Minimum Kota (UMK) Bogor agar disamakan dengan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) senilai Rp 1.090.000. Mereka menilai selama ini UMK pekerja UKM dan pekerja di Kota Bogor tak layak dan tak sesuai dengan KHL.

“Selama ini UMK untuk pekerja UKM hanya sebesar Rp 836.650 , sedangkan UMK pekerja senilai Rp 971.200. Angka ini sangat jauh dari hasil angka kajian KHL yang nilainya Rp 1.090.000., maka dari itu kami minta perhatian Walikota Bogor”, kata Agus Supriyatna, Wakil Ketua DPC Serikat Pekerja Nasional Kota Bogor. kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, jika UMK tidak sama dengan KHL kebutuhan hidup pekerja tidak akan terpenuhi. Padahal pekerja adalah elemen dalam pembentukan pembangunan bangsa. Tetapi pada kenyataannya, pekerja malah seringkali dirugikan oleh Pengusaha.

” Kelayakan menurut Pengusaha berbeda dengan menurut pekerja, kami tak ingin menjadi kaum marjinal yang terus dimiskinkan undang-undang. Karena kami juga memiliki hak yang sama untuk hidup,” jelas Agus Supriyatna.

Massa dari SPN Kota Bogor ini akhirnya membubarkan diri dengan tertib setelah Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Samson Purba menyatakan UMK Kota Bogor untuk tahun 2011 akan menjadi satu angka.

” Untuk nominalnya sendiri akan menunggu regulasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. UMK satu angka ini berarti adanya penyamarataan dalam pemberian upah minimum bagi buruh maupun pekerja Usaha Kecil Menengah (UKM) “, jelas Samson Purba.

Pos ini dipublikasikan di Cermin. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s