Laporan Audit Harus Tepat Waktu. Benar, Tapi Hitung Dulu “Biaya” yang Harus Dibayar!

Sebuah KAP (Kantor Akuntan Publik) Halvorson & Co. ditugaskan menjadi auditor untuk Machinetron, Inc., sebuah perusahaan yang membuat mesin bubut berpresisi tinggi yang dioperasikan dengan komputer.

Pemilik perusahaan ini, All Trent, berpikir bahwa Machinetron telah siap menjadi sebuah perusahaan publik, sehingga ia meminta Halvorson & Co. guna melaksanakan audit serta membantunya menyiapkan laporan registrasi untuk penawaran sekuritas kepada masyarakat.

Karena mesin-mesin buatan Machinetron berukuran besar dan kompleks, maka harganya mahal. Setiap penjualan mesin dinegosiasikan sendiri oleh Trent, dan proses penjualan tersebut sering kali berlangsung selama beberapa bulan. Akibatnya, pencatatan penjualan yang tidak tepat atas satu atau dua mesin dapat mengakibatkan salah saji yang material dalam laporan keuangan.

Partner Audit yang bertanggung jawab dalam penugasan klien Machinetron adalah Bob Lehman, yang memiliki banyak pengalaman dalam mengaudit perusahaan manufaktur. Ia mengakui adanya risiko pencatatan penjualan yang tidak tepat, dan memerintahkan para staf audit untuk menginformasikan semua piutang usaha pada akhir tahun secara langsung kepada para pelanggan terkait.

Lehman sedang melakukan review atas kertas kerja audit atau file audit Machinetron pada hari yang sama dengan hari yang diinginkan Trent untuk penyerahan Laporan Registrasi Machinetron agar dapat menawarkan saham perdana pada masyarakat secara efektif. Lehman menemukan bahwa piutang usaha dalam suatu transaksi penjualan yang besar pada akhir tahun hanya didukung oleh selembar faks., bukan konfirmasi tertulis yang umum.

Tampaknya perusahaan Machinetron memiliki hubungan yang sangat khusus dengan pelanggan tersebut, dan Trent menghalangi staf audit untuk berkomunikasi dengan pelanggan ini.

Pada sore hari, dilaksanakan pertemuan yang bertempat di kantor Machinetron yang dihadiri oleh Lehman, Trent, penjamin penawaran saham, dan pengacara perusahaan. Lehman menyatakan bahwa diperlukan bentuk konfirmasi tertulis yang lebih baik untuk mendukung pencatatan piutang tersebut.

Setelah mendengar hal itu, Trent kehilangan kesabarannya. Pengacara Machinetron mendekati serta berusaha meredakan amarah Trent. Ia menawarkan untuk menulis sepucuk surat kepada Halvorson & Co. , yang menyatakan bahwa menurut pendapatnya, selembar faks pada dasarnya memiliki kekuatan hukum yang sama dengan dengan jawaban konfirmasi yang syah. Lehman, sang partner audit, yang merasakan “tekanan” yang berat, menerima saran ini dan menandatangani pendapat audit wajar tanpa pengecualian.

Enam bulan setelah penawaran saham perdana Machintron kepada publik, Machinetron mengumumkan bahwa pendapatan tahun lalu disajikan terlalu tinggi akibat ketidaktepatan pencatatan penjualan, termasuk penjualan yang hanya didukung oleh konfirmasi faks saja.

Investigasi lebih lanjut oleh SEC ( Security Exchange Commission) – badan otoritas bursa Amerika Serikat – mengungkapkan bahwa faks tersebut dikirimkan sendiri oleh Trent, bukan oleh pelanggannya. Halvorson & Co. menarik kembali laporan audit wajar tanpa pengecualian yang telah diterbitkannya, tetapi tindakan itu tidak dapat mengembalikan kerugian yang diderita oleh para investor Machinetron.

Halvorson & Co. diminta untuk membayar sejumlah besar kerugian itu, sementara Bob Lehman dilarang berpraktik untuk kepentingan SEC. Selanjutnya Bob Lehman meninggalkan profesinya sebagai akuntan publik ( independen auditor).

 

( ilustrasi diambil dari buku ” Auditing dan Jasa Assurance – Pendekatan Terintegrasi – Jilid 1, Edisi ke-12, Bab 3, p.57)

 

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s