BPS: Di Atas Kertas, RI Siap Swasembada Sapi di 2014

Jakarta – Apabila melihat data sementara sensus sapi, Indonesia sebenarnya sudah siap untuk melakukan swasembada sapi di 2014. Namun, ada kendala terbesar yang dihadapi oleh Indonesia sebelum bisa benar-benar mengumandangkan swasembada sapi di 2014.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Rusman Heriawan ketika ditemui di kantor Bappenas, Jakarta, Selasa (28/6/2011).

“Kalau melihat dari hitung-hitungan kertas, seolah-olah kita ini siap untuk swasembada sapi. Kalau hitung-hitungan konsumsi dan jumlah sapi potong kesannya kita siap di 2014,” ujarnya.

Permasalahan yang harus dihadapi di Indonesia, menurut Rusman, adalah Indonesia terlalu mudah dalam melakukan impor daging sapi karena terlalu banyak pemain dalam perdagangan daging dari luar negeri. Padahal sapi-sapi potong di Indonesia cukup banyak.

“Persoalannya kembali lagi, mengadakan sapi potong di Indonesia jauh lebih sulit dari pada impor daging karena pemainnya banyak,” tuturnya.

Rusman menjelaskan, saat ini sensus sapi telah berjalan sekitar 97,5%, tinggal 2,5% lagi jumlah sapi di seluruh Indonesia dapat diketahui. Untuk sapi potong sendiri saat ini diperkirakan sudah mencapai 13 juta ekor.

“Sekarang itu sudah 97,5% tinggal 2,5% lagi. Walaupun namanya sensus sapi, tapi yang namanya sapi potong, sapi perah, dan kerbau juga dihitung. Kalau dilihat, sapi potongnya sudah lebih dari 13 juta,” jelasnya.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s