Pengiriman Berkas Klaim Asuransi RS ABC

Nama          : Farah Azriana

NPM           : Vokasi Kedokteran

Bidang Studi : Perumahsakitan

Jenis Karya : Karya Akhir

Judul : ” Pengiriman Berkas Klaim Asuransi RS ABC

Alamat : Jl. Angsana Blok D No.4 RT 04/05 Komp. Budi Agung

Bogor 16165

KESIMPULAN :

Rumah Sakit ABC adalah rumah sakit swasta yang sedang mengalami tahap pengembangan di kota B. Hal ini dikarenakan RS ABC senantiasa berkembang dan bertumbuh serta masih memiliki potensi yang tinggi dalam peningkatan pelayanan baik kualitas maupun kuantitas. RS ABC berkomitmen untuk memberikan pelayanan paripurna yang bermutu dan disesuaikan dengan perkembangan teknologi bagi pelanggan/pasien yang menggunakan pelayanannya.

Bagian Marketing RS XXX merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam roda pergerakan RS XXX. Fungsi Bagian Marketing RS XXX adalah mengatur dan mengkoordinasi kegiatan administrasi pasien jaminan, customer service dan operator, serta promotion dan customer care. Berdasarkan hal tersebut diambil permasalahan di bagian marketing. Penemuan masalah di unit terkait dilakukan dengan berbagai macam metode seperti observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan survei. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, masalah-masalah yang ditemukan di Bagian Marketing RS XXX adalah :

*  gangguan teknis peralatan seperti printer dan komputer;

*  belum adanya produk unggulan;

*  banyaknya berkas tagihan klaim (pasien jaminan) yang dikembalikan oleh pihak asuransi;

*  pengiriman berkas klaim asuransi yang tertunda.

BERDASARKAN hasil scoring technique dengan menggunakan teknik kriteria matriks, di dapat masalah :

” Pengiriman berkas klaim asuransi yang tertunda “,

terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab dari masalah tersebut, yaitu :

*  kurang koordinasi antara petugas medis dengan bagian marketing atau unit terkait;

*  belum tersedianya media pengumpulan berkas klaim;

*  belum optimalnya SOP untuk prosedur kelengkapan berkas klaim;

*  tidak lengkapnya atau tidak dilampirkannya perincian pemeriksaan laboratorium atau sarana penunjang diagnostik lainnya.

DARI berbagai faktor masalah di atas, didapatlah alternatif pemecahan masalah yaitu,

* melakukan rapat dan sosialisasi mengenai administrasi asuransi kepada unit terkait;

* membuat mini poster atau memo sebagi pengingat bahwa alur-alur atau prosedur apa saja yang harus dilengkapi yang dipasang atau diletakkan di counter penerimaan pasien (jaminan) asuransi, bagian marketing, bagian keuangan dan unit terkait lainnya;

*  pembaharuan SOP dengan segera, bekerja sama dengan bagian pelayanan medis untuk mengkoordinasikan dokter konsulen agar mengisi “resume medis”.

SARAN

Dalam mengatasi permasalah yang terjadi, maka disarankan untuk menentukan dan melaksanakan penyelesaian masalah, diantaranya adalah menyusun daftar pembahasan yang akan dibahas pada rapat koordinasi, membuat perencanaan jadwal waktu pelaksanaan rapat koordinasi, melakukan rapat melalui rapat komite medik serta unit terkait ( bag. keuangan, rekam medis, paramedis, dll), serta melakukan sosialisasi ulang melalui surat atau memorandum, melakukan pemeriksaan terhadap berkas-berkas resume medis dan perincian biaya perawatan pasien, mengevaluasi dan melakukan pengawasan terhadap bagian-bagian yang terkait, melakukan perbaikan atas setiap aksi yang dilakukan agar kendala-kendala yang terjadi pada pelaksanaan tidak terjadi kembali di kemudian hari.

Diharapkan dengan upaya yang telah dilakukan dapat berjalan dengan semestinya sehingga dapat meningkatkan koordinasi dan komunikasi tidak hanya antar staf di Bagian Marketing tetapi juga dengan seluruh unit di RS XXX.

Jakarta, Mei 2011

Pos ini dipublikasikan di General Management. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s